Sharing Membuat Rencana Studi untuk Beasiswa LPDP

Membuat Rencana Studi Beasiswa LPDP Base On True Story


Bismillahir rohmanir rohiim...

Assalamu'alaikum...


Salah satu indikator kelulusan seleksi administrasi beasiswa LPDP atau beasiswa lainnya ialah kematangan dalam penulisan rencana studi. Cara sederhana agar anda mengetahuinya adalah coba anda posisikan diri anda sebagai pengemban amanah dana keuangan tersebut. Kriteria penerima seperti apa yang akan anda biayai untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi? (silahkan anda jawab dengan matang)

Dan menurut saya, jika kita memang total serius akan melanjutkan kuliah. So, rencana yang matang ini akan menjadi pemandu saat kuliah nanti.

Untuk lebih jelasnya seperti apa rencana studi yang baik, silahkan simak penjelasakan dibawah ini.

Dalam rencana studi, pihak LPDP meminta anda untuk menjelaskan :

  • Matakuliah apa saya yang akan anda ambil dari awal hingga akhir semester?

Pada bagian ini, tentu anda sudah mengetahui bahwa rencana studi yang baik tidak hanya menjelaskan bahwa kita akan mengambil matakuliah “A” tanpa alasan. Atau hanya copas dari website jurusan kita. Tetapi, cobalah anda jelaskan lebih terperinci lagi mengapa anda akan memilih matakuliah tersebut pada semester tersebut.

Jika pendidikan anda linier, tentu anda dapat menjelaskan bahwa matakuliah yang akan anda ambil nanti merupakan kelanjutan dari matakuliah anda di S2 nanti. Dan bagi anda  yang akan mengaplikasikan matakuliah tersebut dalam kontribusi anda kedepannya. Anda dapat menjelasakan bagaimana matakuliah tersebut akan secara signifikan membantu kontribusi anda tersebut.

Contoh:
………………..Pada semester pertama saya akan mengambil matakuliah Ekonomi makro I, karena matakuliah ini  merupakan dasar dari matakuliah lainnya, sehingga akan menjadi fondasi pemahaman bagi matakuliah yang akan saya ambil di semester selanjutrnya…………………..

"Tenang saja, anda memang membutuhkan banyak waktu agar anda mendapatkan rencana studi yang lebih mendalam dan terorganisir"



Essay B. Inggris Anda Perlu Perlu Perbaikan? Klik disini
  • Topik tesis apa yang akan anda lakukan nanti?


Pada bagian ini cobalah agar tesis anda berhubungan dengan matakuliah-matakuliah yang akan anda ambil nanti. Terasa aneh bukan apabila anda mengambil matakuliah yang tidak membantu anda dalam menyelesaikan tesis anda nanti?

Paragraf ini pula  harus menjelaskan mengapa tesis ini begitu penting untukk diteliti. Dan nilai kebaruan apa yang hendak anda hasilkan. Karena jika penelitian itu merupakan penelitian yang sudah pernah orang lain lakukan tanpa ada perbedaan..................... (anda yang berhak melanjutkan kalimat ini J)

Selain itu, Pada bagian ini pula, sebaiknya anda rincikan sedikit mengenai metode apa  saja yang akan anda lakukan untuk tesis anda nanti, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dan memungkinkan anda dapat menyelesaikan pendidikan anda tepat waktu.


  • Apa saja kegiatan anda selain kuliah nanti?

Sebagai mahasiswa, tentu memiliki se-gudang aktifitas seperti kegiatan di berbagai organisasi fakultas, organisasi universitas dan organisasi luar universitas. Dan pada bagian ini, anda akan diminta untuk merincikannya.

“A goal without a plan is just a wish.”

Sudah jelas, pada bagian ini LPDP ingin melihat apakah anda adalah orang yang hanya mementingkan kesuksesan kuliah anda sendiri, sedangkan di sekeliling anda tentu ada setumpuk permasalahan yang mungkin dengan dukungan dari anda, permasalahan tersebut akan lebih ringan  bahkan terselesaikan.




Tingkatkan Speaking Anda seperti Native Speaker Klik disini 
Tips lainnya menulis rencana studi agar lebih baik

  1. Pastikan anda sudah memilih universitas dan jurusan yang tepat, karena apabila anda masih belum yakin dengan dua hal tersebut, ini akan menghambat penulisan rencana studi anda
  2. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki kenalan pada jurusan yang akan  anda daftar nanti. Dengan bantuan mereka anda dapat memastikan beberapa hal yang belum anda pahami.
  3. Setelah anda selesai dengan penulisan rencana studi anda, cobalah untuk meminta dikoreksi oleh orang lain. Hal ini akan memperbaiki sisi Blind Spot anda. Dan yakinlah ada banyak orang yang akan membantu anda. 

Tulis pertanyaan anda dibawah, kalau pertanyannya tidak sulit mudah-mudahan bisa saya jawab.

Comments

Popular posts from this blog

PENGALAMAN LOLOS SELEKSI BERBASIS KOMPUTER (SBK) LPDP 2018

Pengalaman Lolos Seleksi Berbasis Komputer (SBK) LPDP 2018 Tes TPA

PENGALAMAN SELEKSI ADMINISTRASI LPDP 2018