Pengalaman Lolos Seleksi Berbasis Komputer (SBK) LPDP 2018 Tes TPA

Fokus : Tes Potensi Akademik LPDP 2018 Based On True Story


Assalamu’alaikum…

Bismilahirrohmanir rohiim…

Kali ini saya akan sharing pengalaman mengenai SBK LPDP Tahun 2018 (kalau versi BKN disebut CAT atau computer assisted test). Dimana sebelumnya saya sudah menulis mengenai Seleksi Administrasi (bisa lihat di sini).

Kali ini saya akan fokus sharing mengenai TPA di LPDP, karena pada tahun 2018. Nilai TPA menjadi penentu kelulusan tahap 2 seleksi beasiswa LPDP. Sehingga saya akan mencoba se-detail mungkin, jadi long post :P
Ada pun mengenai Essai On The Spot (EOTS) bisa lihat di sini.



Tahun 2018 merupakan tahun penuh kebaruan dimana pihak LPDP menyelenggarakan seleksi yang sebagian seleksi  terdapat perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Termasuk pada seleksi tahap 2, LPDP menyelenggarakan SBK yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menyeleksi calon awadee LPDP. Ini membuktikan bahwa LPDP sangat berkeinginan adanya perbaikan yang optimal (terlihat juga setelah selesai SBK) para peserta dibagikan kuisioner yang komprehensip mengenai penyelenggaraan tes SBK.
Tak ayal, perubahan ini membuat banyak dari Awardee LPDP 2018 yang saling berspekulasi mengenali SBK ini karena belum bisa mendapat masukan dari awrdee di tahun-tahun sebelumnya.
Menurut saya pribadi, perubahan-perubahan seleksi ini muncul dikarenakan banyaknya masukan mengenai seleksi yang telah dilaksanakan LPDP pada tahun 2017 yaitu Assessment Online.

Intermezo AO Tahun 2017

Seperti namanya. Test ini dilaksanakan secara online, tempat bebas dan waktu longgar. Yang diuji hanya tes kepribadian. Singkat cerita banyak masukan kepada LPDP yang intinya, test yang dilaksanakan LPDP yang hanya menyeleksi berdasarkan beberapa kepribadian dianggap tidak tepat. Selain itu, AO 2017 dianggap belum bisa mewakili kemampuan peserta, karena bisa jadi bukan peserta yang bersangkutan yang mengerjakan melainkan orang lain dan masukkan lain-lainnya. Olehkarena itu, hadrilah TPA. Dimana seperti kita ketahui, test ini juga digunakan untuk perekrutan seperti PNS, pegawai swasta tertentu, magister etc.

Mungkin kita punya perasaan yang sama

Saya pribadi memiliki pandangan bahwa test TPA belum secara komprehensip mewakili kemampuan yang dimiliki oleh berbagai background pendidikan si calon awardee. Karena pada saat di lapangan, peserta dari bidang Matematika dan Sastra Indonesia dapat mengantongi nilai memuaskan karena mendapat keuntungan dengan jenis soal TPA. Dan banyak peserta yang bukan dari bidang tersebut atau mungkin bidang tersebut tapi sudah lama terjun di masyarakat harus rela mendapatkan nilai seadanya.
Tapi di sisi lain, test ini lebih baik dibandingkan jika hanya test self competency saja yang dijadikan patokan. Selain itu, LPDP pun tidak mematok nilai/passing grade TPA terlalu besar.

Tujuan TPA LPDP

Tentu bertujuan untuk menyeleksi calon awardee berdasarkan potensi akademiknya. Sehingga calon pemimpin yang akan dipilih LPDP bukan hanya yang memiliki cita-cita yang tinggi saja. Tapi, mampu tidak yang bersangkutan menyelesaikan studinya. Dikhawatirkan awardee merupakan pribadi yang  kurang mampu mengikuti perkuliahannya.

Mata Ujian dan Tipsnya

Pada awal diumumkannya test ini saya sudah menduga akan sama persis dengan tipe TPA PNS, Karena LPDP bekerjasama dengan BKN. Sehingga saya  belajar habis-habisan menggunakan buku CPNS, Ebook CPNS dan lainnya.
Ternyata sedikit berbeda, menurut saya pribadi, test TPA LPDP jauh lebih sulit dibandingkan dengan TPA CPNS. Dan itu dibenarkan oleh seluruh peserta yang saya tanya.
Buku-buku untuk latihan TPA CPNS yang banyak digunakan oleh rekan-rekan peserta seleksi LPDP tahun 2018.
Saya carikan harga yang paling murah dan  rating paling bagus di Shopee. Buku ini Rp. 95.000. Cek disini


Kalau buku ini Rp. 99.000 Cek disini
Belum punya aplikasi Shopee. klik disini
TPA Jumlah 60 soal dengan waktu 90 menit

KEMAMPUAN VERBAL : 30 SOAL
Pada tahap ini, calon awardee 2018 mendapatkan test sinonim, antonim, analogi dan wacana. Tujuan dari test verbal ini ialah untuk mengetahui tingkat kemapuan berbahasa, intensitas membaca, keluasan dalam pengetahuan ect dari calon awardee.

Tips:
Berdasarkan pengalaman saya, dari buku TPA yang saya kerjakan, saya tidak mendapatkan soal yang sama dengan test yang saya dapatkan. Hanya, semakin saya sering mengerjakan soal melalui buku CPNS, saya semakin terbiasa dengan jenis soal tersebut.

Contoh soal yang keluar di tahun 2018
Sinonim
Konfigurasi = ………….

Degradasi = ………….

Mores = ………….

Antonim
Pindar X …………….

Analogi
Indonesia : Bhineka Tunggal Ika   =     Malaysia : ………….

Wacana
Awak angkutan bus kota rupanya tidak mau ketinggalan dengan menjulangnya harga sembako. Mereka ada yang menaikkan tarif bus kota reguler dari Rp. 300,00 per penumpang. Bagi masyarakat kecil, uang Rp 200,00 untuk tambahan ongkos bus kota memang akan mempengaruhi biaya hidup mereka. Bila bolak-balik berarti sehari harus menambah Rp 400,00 per hari. Bila sebulan Rp 10.000,00 tambahnya. Awak angkutan juga pusing menghadapi naiknya harga beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. Belum lagi tuntutan biaya sekolah anak, padahal penghasilannya tetap. Persoalannya adalah penumpang bus reguler tentu orang berkantong serba pas. Bisa jadi serba kurang, sehingga tambahan pengeluaran Rp 10.000,00 per bulan bisa bikin pusing. Maka apapun alasan awak angkutan, menaikkan tarif di luar aturan sulit dibenarkan. Mereka harus menyadari kondisinya sekarang, sama-sama kerepotan untuk memenuhi hidup sehari-hari, sopir susah, rakyat kecil pun susah

Apa inti dari bacaan diatas?


KEMAMPUAN NUMERIK : 15 SOAL
Pada kemampuan ini, saya mendapatkan tipe soal deret, soal cerita yang text nya panjang sekali dan aritmatika.


TIPS

  • Cobalah terbiasa untuk mencari cara pengerjaan yang cerdik dan cepat
  • Banyaklah mengerjakan tipe soal yang memiliki level Hard. Jika saya membandingkan dengan buku TPA CPNS yang ada, Soal numerik di TPA LPDP ini jauh lebih sulit. Pertama, karena angka yang tidak terlalu cantik. Kedua, perlu 2 hingga 3 tahap untuk mendapatkan jawabnya.
Contoh Soal TPA LPDP 2018 yang Keluar

Sn = 4n2+ 2n
Berapa U10?

Deret
101   202   101   202   303   404   303   404

KEMAMPUAN PENALARAN : 15 SOAL
 Ada yang menyebut juga Silogisme. Tes ini biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk berfikir secara logis. 

Contoh Soal TPA LPDP 2018 yang Keluar
Semua hewan herbivora memakan daun-daunan
Harimau memakan daging.
A. Harimau makan daun-daunan
B. Semua hewan herbivora memakan daging
C. Harimau adalah hewan herbivora
D. Harimau bukan hewan herbivora
E. Semua hewan herbivora adalah harimau

Penilaian TPA LPDP 2018

Pada tahun 2018. Menurut hasil survey para peserta secara umum passing grade TPA Reguler adalah 170 points. Afirmasi adalah 150 points.
Dalam penilaian TPA. LPDP memberikan point 5 jika menjawab benar. Dan 0 (Nol) jika salah. So, karena tidak ada sistem minus. Jangan sampai ada jawaban yang kosong.
Tingkatkan Speaking Anda seperti Native Speaker Klik disini 

Tips Saat mengerjakan Real TPA

  • Waktu ujian akan dimulai saat peserta mengklik “Mulai Ujian” dilayar komputer. Dengan kata lain Apabila anda belum mengkliknya saat yang lain sudah dimulai. Itu tidak mengapa. Justru pada tahap ini sebisa mungkin tidak terburu-buru untuk memulai ujian. Hal ini pula yang saya lakukan.
  • Disaat peserta lain sudah mengerejakan, saya memulai penenangan pikiran. Kertas buram (yang dibagian untuk mengotret) saya gunakan untuk menulis hal yang khwatir lupa seperti rumus2, kosa kata, dan lain-lainnya.
  • INGAT, jika mendapatkan soal sulit lewat.
Begini perhitungannya.
Apabila saya mengerjakan 1 soal sulit dengan benar, menghabisakan waktu 5 menit maka saya akan mendapatkan tambahan 5 poin.
Tetapi jika saya lewat soal sulit itu, dan mengalokasikan 5 menit ini untuk soal mudah. Dimana dengan waktu tersebut saya dapat mengerjakan 3 soal. Maka saya akan mendapatkan 15 poin tambahan.
Every question have same score!!!
Selain itu, disaat waktu hampir habis, soal mudah akan menjadi sulit bahkan anda cenderung menjawab acak karena secara psikologi, anda dalam kondisi yang tidak baik.
  • Selama anda belajar sendiri, tentu anda sudah mengetahui kemampuan anda seperti apa. Katakanlah anda memiliki kemampuan Numerik yang lebih dibandingkan lainnya. Saran saya, pada saat ditempat ujian, anda kerjakan dulu soal numerik. Dan dapatkan nilai maksimal disini.
  • Setelah semua soal terjawab. Masih ada sisa waktu. LEBIH baik ANDA memeriksa kembali soal-soal yang tidak yakin. It's not a race!!!
  • Akhirnya selesai juga. Yups, saat ANDA menyelesaikan ujian TPA tersebut. Akan langsung keluar hasil ujiannya dilayar anda. Maka saran saya. Siapkan mental sebelum anda click SELESAI. Mayoritas akan merasa down dengan hasil tersebut. Ini merupakan trap agar hanya orang-orang yang mental kuat yang dapat menyelesaikan tahap selanjutnya dengan tenang dan memuaskan.


Essay B. Inggris Anda Perlu Perbaikan? Klik disini
Finally, setelah anda melihat hasil TPA, berikan waktu relax untuk pikiran anda, ulangi motivasi diri anda. Katakan pada diri anda bahwa “itu adalah hasil saya, saya sudah melakukan yang terbaik”.  Dan selanjutnya akan ada test kepribadian yang membutuhkan pikiran jernih juga. 


Ajukan pertanyaan anda dibawah, apabila ada yang belum jelas.

Comments

Popular posts from this blog

PENGALAMAN LOLOS SELEKSI BERBASIS KOMPUTER (SBK) LPDP 2018

PENGALAMAN SELEKSI ADMINISTRASI LPDP 2018