PENGALAMAN SELEKSI ADMINISTRASI LPDP 2018

Cara Mempersiapkan Seleksi Administrasi Beasiswa LPD (Base On True Story)


Bismillahirrohmanir rohiim.

Assalamu'alaikum.....

Kali ini saya akan sharing pengalaman pribadi berdasarkan dari apa yang saya lihat dan saya lakukan berkenaan beasiswa LPDP Tahun 2018 khususnya pada bagian seleksi administrasi.

Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa pertanyaan yang menurut saya harus Bapak/Ibu jawab sebelum mendaftar beasiswa LPDP ataupun beasiswa lainnya. Karena ini menyangkut kelancaran anda dalam menyelesaikan berkas yang dibutuhkan, menjawab pertanyaan interviewers, penyelesaian studi dan kontribusi anda kedepannya.



  •  Apa benar cita-cita Bapak/Ibu membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi?

Banyak kasus dimana mereka yang kuliah hingga ke luar negeri, menguras waktu, tenaga, pikiran dan dana yang tidak sedikit. Tetapi, ternyata cita-cita mereka tidak terlalu membutuhkan pendidikan tersebut. Atau dengan pendidikan Strata-1 pun, ternyata sudah bisa meraih cita-cita tersebut. 
Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kuncinya adalah jujur terhadap diri sendiri dan mantapkan hati anda pada keputusan tersebut.


  • Benarkah Bapak/Ibu membutuhkan beasiswa unutk melanjutkan kuliah?

Jika ada yang gratis bahkan mendapatkan uang saku, why I must pay for it? 
Ya, pernyataan tersebut tidak salah. Tetapi alangkah lebih baiknya agar anda memperhatikan waktu, tenaga dan pikiran yang akan anda alokasikan begitu anda mendapatkan gelar The Scholarship Hunter. Olehkarena itu, apabila Bapak/Ibu cukup mampu untuk membiayai pendidikan tersebut, maka itu jauh lebih meringankan Bapak/Ibu.
Selain itu pula, anda sudah mempersilahkan orang yang lebih membutuhkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.



  • Jika anda Bapak/Ibu sudah bekerja, apakah Bapak/Ibu mau untuk cuti atau resign dari pekerjaan tersebut?


Ya, saya kira ini sudah 



  • Apakah Bapak/Ibu mampu dan mau berkontribusi setelah mendapatkan beasiswa tesebut?


LPDP merupakan beasiswa yang berasal dari rakyat Indonesia. maka sudah menjadi kewajiban Awardee untuk mengucapkan terima kasih dalam bentuk kontribusi bagi masyarakat Indonesia.


If you have YES answer for those questions. So, let’s continue our topic!

Essay B. Inggris Anda Perlu Perbaikan? Klik disini

Apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan oleh Bapak/Ibu?

Klik disini, silahkan unduh dan baca dengan seksama.

Berkas yang harus disiapkan oleh calon Awardee Reguler, Afirmasi dan Beasiswa penelitian berbeda. Bahkan beasiswa Afirmasi ada banyak katagorinya dan masing-masing memiliki perbedaan untuk berkas yang dibutuhkannya.

Catatan penting :

  1. Upload yang berkas asli , bukan photocopy.
  2. Jangan ada pemalsuan data dan berkas. Kalau pun anda lolos pada tahap seleksi administrasi. Ini akan menjadi bumerang di tahap selanjutnya. So, in case ada dokumen yang hilang maka buat catatan kehilangan dari kepolisian. 
  3. KTP. jika Bapak/Ibu memiliki E-KTP dan tertulis tahun yang masa berlaku yang sudah expired. Jangan khawatir E-KTP berlaku seumur hidup. Cek link ini.
  4. Sertifikat organisasi tidak harus semua. Pilih yang penting saja. Yang kira2 Bapak/Ibu sebutkan dalam essay. Karena file maks 1 MB. Tapi ada kasus kawan2 yang upload data banyak sampai-sampai tulisan diberkas pun jadi tidak jelas. Dan mereka tetap lulus seleksi administrasi.
  5. Semua dokumen sesuai format, seperti surat rekomendasi, surat perjanjian dll. Karena nanti ini akan di cek di tahap selanjutnya.
  6. Tulis NIK dengan benar. Anda hanya dapat memiliki 1 akun LPDP dengan NIK tersebut.
  7. Bagi Bapak/Ibu yang alumni Bidik Misi, SK BM, bisa dalam bentuk photocopy, yang penting ada tandatangan rector atau yang terkait. Dan terdapat nama Bapak/Ibu (jadi tidak harus full page). Dan ini pun berlaku bagi berkas-berkas  yang tidak memungkinkan bagi anda untuk membawa yang asli.
  8. Bagi anda yang menggunkan sertifikat TOEFL ITP. Siapkan 3 berkas dari ETS nya (Sertifikat, lembar berwarna kuning dan lembar berwarna merah)
  9. Tenang saja tidak ada berkas yang akan diambil oleh pihak LPDP, kecuali surat perjanjian bermaterai.
  10. Isi alamat email dan nomor hp yang benar, karena LPDP akan memberikan beberpa info penting atau pemberitahuan lainnya melaui email dan SMS.
Tingkatkan Speaking Anda seperti Native Speaker Klik disini 

My Tips for it:

  • Setelah men-scan seluruh dokumen menjadi pdf, usahakan nama file dalam bentuk format : Nama Dokumen_Nama Anda.
  • jika file masih > 1 MB klik ini
  • Sebelum SUBMIT, wajib untuk unduh kembali berkas-berkas Bapak/Ibu. Mengantisipasi ada yang salah upload, belum TTD, gagal upload dll
  • Bapak/Ibu  baiknya bergabung dengan grup FB, WA Telegram dll. Agar dapat bertanya ke sesama peserta karena barangkali ada rekan anda yang mengikuti seleksi lpdp atau saling memberikan semangat sehingga Bapak/Ibu tidak hilang semangat ditengah perjalanan.
  • Semakin mendekati waktu deadline, Server biasaya down. Karena banyak orang mengakses. Sehingga paling tidak, 4 hari sebelum deadline, Bapak/Ibu sudah men-submit.
  • Tips essay Rencana studi klik disini
  • Tips saya Lolos TPA LPDP ada di sini



Saya sangat membuka pertanyaan lewat komentar dibawah ini. Olehkarena itu, lanjut baca komen dibawah ini.



Comments

Popular posts from this blog

PENGALAMAN LOLOS SELEKSI BERBASIS KOMPUTER (SBK) LPDP 2018

Pengalaman Lolos Seleksi Berbasis Komputer (SBK) LPDP 2018 Tes TPA