PENGALAMAN LOLOS SELEKSI BERBASIS KOMPUTER (SBK) LPDP 2018

PENGALAMAN LOLOS SELEKSI BERBASIS KOMPUTER (SBK) LPDP 2018

Fokus Essay On The Spot (EOTS) Based on True Story



Assalamu’alaikum…
Bismilahirrohmanir rohiim…
Kali ini saya akan sharing pengalaman mengenai SBK LPDP Tahun 2018 (kalau versi BKN disebut CAT atau computer assisted test). 

Dimana sebelumnya saya sudah menulis mengenai Seleksi Administrasi (bisa lihat di sini).
Fokus saya kali ini sharing mengenai EOTS yang yang seperti anda ketahui, EOTS tahun 2018 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Yups, tahun ini menggunakan komputer. Bagaimanapun, ini kabar baik bagi saya selaku generasi yang tulisannya sulit dibedakan dengan ….sudahlahh.

Ada pun konten SBK lain yaitu mengenai Tips mengejakan Soal TPA LPDP 2018 lihat disini.


Check it out….

Berikut tema-tema essay yang muncul pada tahun 2018

  1. Zonasi sekolah
  2. One data one policy
  3. Tambang illegal di aceh
  4. Aplikasi tik tok di blokir
  5. Student loan
  6. Masuknya tenaga asing ke Indonesia
  7. Memajukan sektor pertanian
  8. Defisit BPJS
  9. Caleg koruptor
  10. Stagnannya Dana Desa.
  11. Masalah kepemudaan Indonesia saat ini
  12. Menurunnya prestasi di bidang olahraga
  13. Tes psikologi dalam Pembuatan SIM
  14. Urbanisasi yang Belum Terkontrol
  15. Wacana prioritas putra daerah dalam seleksi Akpol/ pilkada
  16. Bonus demografi
  17. Guru 3T ( daerah terdepan, terpencil, terbelakang)
  18. Anggaran dana pendidikan 20%
  19. Revolusi Industri 4.0

Contoh Essay EOTS LPDP 2018


Kebijakan One Data One Policy merupakan program untuk membuat satu data menyeluruh mengenai Indonesia yang yang meliputi area beserta potensi sumber daya yang ada di dalamnya dan data lainnya…………………………………………………….. (pokonya textnya panjang)
Namun program ini belum berjalan sebagaimana mestinya.
Rincikan permasalahan apa saja yang terjadi sehingga proram tersebut tidak berjalan dengan lancar dan berikan solusinya.


Penilaian EOTS LPDP 2018

Secara singkat belum ada informasi secara jelas, bagaimana penilaian EOTS dari LPDP. Saya mendapatkan info ini.
EOTS yang baik adalah yang terdiri dari introduction, body, conclusion. Selain itu, penggunaan bahasa yang uncommon akan meningkatkan nilai EOTS.

Waktu Pengerjaan EOTS LPDP 2018


EOTS ini bakal dikasih waktu 30 menit (udah sama baca soal).

Intinya sebenarnya mirip kayak academic writing nya IELTS

Tips persiapan EOTS LPDP 2018
  • Permasalahan yang muncul biasanya yang masih hangat sekitar 5 bulan sebelum pengumuman lolos seleksi administrasi. Artinya kemungkinan besar apabila baru mencuat kemarin sore, tidak usah jadi prioritas anda untuk menguasainya, karena soalnya sudah diprint duluan oleh panitia.
  • Menurut hemat saya, essay ini bukan untuk mengukur bagaimana tingkat kecerdasan seseorang dalam menyelesaikan persoalan dan LPDP tidak akan menggunakan solusi yang kita berikan juga toh. Tapi ingin mencoba melihat bagaimana cara kita menanggapi seseorang, atau menanggapi pemerintah, cara tulisan kita menyangga pendapat orang, kekayaan bacaan kita, komprehensipnya kita dalam menjawab pertanyaan orang lain dan juga jiwa kepemimpinan kita akan terlihat dari essay ini.
  • Seperti yang sudah saya sarankan sebelumnya, penting sekali grup medsos yang merupakan perkumpulan para peserta. Hal ini akan membuat anda semakin kaya akan informasi mengenai EOTS yang akan anda hadapi
  • Untuk memperkaya sudut pandang saya dalam suatu permasalahan. Saya rajin membuka youtube untuk menoton Indonesia Lawyer Club. Tim kreatif ILC selalu menyajikan berita terhangat dan mengundang pembicara yang beragam. Nah, ini sangat membuat pemahaman saya semakin luas dan bijak mengenai permasalahan tersebut.
  • Latihan mandiri dengan ketentuan. Mengerjakan EOTS di PC, Alokasi Waktu 30 menit. Dengan topik ter-update saat ini.
  • Biasakan menggunkan shorcut keys untuk menghemat waktu. Awalnya saya pikir ini tidak bisa digunakan, ternyata bisa. Jika anda salah mengetik, anda bisa gunakan CTRL + Z. Jika ingin menghapus 1 kata sebelumnya gunakan CTRL + Erase. CTRL + C and CTRL + V (u know a lot about these).

 FYI: pada tahun 2018, tema EOTS ini juga menjadi tema saat LGD di tahap seleksi substansi

Tips saat Real EOTS LPDP 2018


  • Hal ini cukup berat untuk memberikan saran Tetap Tenang. Terlebih jika anda sudah melihat hasil TPA anda yang tidak sesuai dengan harapan anda. Tapi ada kata-kata yang saya ulang kepada diri pada saat itu. “Jika kamu ingin berhenti dari test ini, maka lakukanlah dengan berdiri dan tinggalkan aktivitas ini. Tetapi jika kamu merasa masih ada harapan, have fun and do your best”
  • Suara typing keyboard dari para peserta akan terdengar lebih mengganggu jika anda merasa sangat gundah. Bagaimana tidak, di waktu yang bersamaan dan dalam tempat yang sama menghentakkan jari-jemarinya di papan keyboard dengan semangat.
  • Setelah membaca text essay dan pertanyaannya. Agar tulisan anda lebih terkontrol gunakan kertas buram yang disiapkan oleh panitia. Luangkan 3 menit untuk membuat coretan tentang point-point apa yang akan anda tulis di essay nanti.
  • Ternyata tidak sempat, waktu mepet. Sekali lagi, essay yang baik ialah yang mengandung inti dan kesimpulan. Gunakan sisa waktu anda untuk membuat kesimpulan.







Saya akan menjawab komentar anda. Silahkan masukkan komentar anda yang sesuai dengan topik, agar kita mendapat bahasan yang lebih komprehensif.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Lolos Seleksi Berbasis Komputer (SBK) LPDP 2018 Tes TPA

PENGALAMAN SELEKSI ADMINISTRASI LPDP 2018